Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Banjir Genangi Sebagian Besar Pemukiman Warga, Personil Polsek Dompu Siaga

2/03/23 | 2/03/2023 WIB Last Updated 2023-02-07T14:53:30Z
Kondisi banjir di sebagian Kecamatan Dompu

Dompu - Gerak cepat Personil Polsek Dompu langsung meninjau lokasi yang terendam banjir kiriman Arus Sungai Rora, akibat hujan dengan intensitas tinggi melanda sebagian besar Wilayah Kecamatan Dompu, Kamis (2/2/2023) sekira pukul 17.00 Wita.

Setiba di lokasi Personil yang sudah bersiaga langsung mengambil bagian di antaranya melakukan identifikasi serta menghimbau warga terutama yang bertempat tinggal di bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kapolsek Dompu, IPDA Arif Syarifuddin, SH., menyebutkan bahwa Bencana Banjir kiriman dari Sungai Rora Kab. Bima, menyebabkan beberapa rumah warga di sekitar bantaran sungai Rabalaju, terendam banjir.

"Beberapa kelurahan yang terendam meliputi Kelurahan Potu, Bada, Bali bahkan hingga Desa Kareke, Kec. Dompu," ungkap Kapolsek.

Diuraikannya, dari sebaran Kelurahan yang terendam wilayah genangan tinggi terutama di Lingkungan Manggenda dan Lingkungan Rasabou, Kelurahan Potu, dan Desa. Kareke. 

Sementara di Kelurahan Bali meliputi Lingk. Kampo Samporo, Lingkungan Mantro, Lingkungan Ujung Pandang. Sedangkan di Kelurahan Bada, terutama di Kota Baru dan sekitarnya.

"Setidaknya data sementara yang diperoleh sebanyak 56 bangunan rumah Warga dan bangunan TPQ  terendam banjir dan tidak ada korban jiwa atas kejadian banjir tersebut," imbuhnya.


Baca juga

Issue Penculikan Anak HOAX, Kapolres Angkat Bicara

Satresnarkoba Polres Dompu Berhasil Ungkap Penyeludupan Ribuan Butir Tramadol

Biadab !!!, Diduga Setubuhi Ponakan Istri yang Masih Dibawah Umur,  Pria ini Diringkus Tim Puma II Polres Bima Kota


Lebih lanjut, kata Kapolsek, sekira Pukul. 16.40 Wita, Debit Air Sungai di sekitar aliran Sungai Raba Laju mulai naik dan membawa beberapa Sampah ranting.

"bahkan terlihat batang balok kayu dengan ukuran besar, dan debit air di aliran Sungai Raba Laju mulai meluap dan menggenangi beberapa rumah warga," jelasnya.

Menurut laporan, sambung Kapolsek, rendaman banjir mencapai tinggi 70 Cm, atau di atas mata kaki dan lutut orang dewasa.

Terpisah, atas peristiwa tersebut, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., menghimbau pada warga untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca dengan curah hujan masih akan melanda wilayah Kecamatan Dompu beberapa hari ke depan.

Ia juga mengingatkan, pada warga kiranya bergotong royong membersihkan drainase, dari tumpukan sampah dan endapan lumpur.

"Saat ini tim dari Polsek Dompu disiagakan untuk membantu warga terhadap kemungkinan yang terjadi," tutur Kapolres.(RED

close