Pj. Wali Kota Bima, HM Rum, Galang Solusi Tanggulangi Pengangguran dengan Menggelar Job Fair dan Talkshow Ketenagakerjaan

Pj. Wali Kota Bima, HM Rum, Galang Solusi Tanggulangi Pengangguran dengan Menggelar Job Fair dan Talkshow Ketenagakerjaan

 


Kota Bima, Beritabima.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, secara resmi membuka acara Job Fair dan Talkshow Ketenagakerjaan di Convention Hall Paruga Na'e pada Senin, 4 Desember 2023.

Acara berlangsung selama 2 hari dari tanggal 4 hingga 5 Desember 2023 yang melibatkan 20 perusahaan yang menawarkan 200 lowongan kerja kepada masyarakat Kota Bima.

Dalam sambutannya, Ir. H. Mohammad Rum, MT, menyampaikan keprihatinan terhadap tingginya tingkat pengangguran terbuka di Kota Bima. Menurutnya, hal ini bukan hanya isu lokal tetapi juga isu nasional. Data BPS tahun 2022 mencatat bahwa angka pengangguran terbuka di Kota Bima mencapai 3,73% atau setara dengan 3.560 orang.

HM Rum berharap bahwa angka pengangguran dapat berkurang setelah dikukuhkan tenaga lulusan PPPK Kota Bima sebanyak 439 orang, ditambah dengan 200 orang pencari kerja yang siap bergabung di dunia kerja.

Dalam konteks ini, Pj. Wali Kota menyampaikan kekhawatiran terhadap ketidaksesuaian antara jumlah calon tenaga kerja dengan jumlah lowongan kerja di Kota Bima. Beliau menekankan pentingnya menjaga kondusivitas keamanan, kepastian hukum, dan regulasi yang jelas untuk menarik investasi ke Kota Bima.

"Saya berharap teman-teman DPMPTSP dan Dinas Tenaga Kerja mulai sekarang lakukan deteksi jumlah pekerja di perusahaan dan dunia usaha di Kota Bima. Jangan sampai pekerjanya lebih banyak dari luar Kota Bima. Yang rugi justru tenaga lokal yang harus diutamakan untuk diakomodir," ucap Pj. Wali Kota HM Rum.

Diakhir sambutanya, H. Mohammad Rum menegaskan bahwa Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk terus memastikan jaminan keamanan dan kondusifitas iklim investasi di Kota Bima. 

"Pemerintah Kota Bima pasti hadir dalam mengawal dan menjamin gerak laju investasi di Kota Bima. Bagi seluruh calon investor akan diberikan ruang dan akses khusus dalam mengembangkan usaha di Kota Bima melalui kemudahan akses perizinan dan keamanan aset perusahaan yang akan berinvestasi nantinya", tegas H. Mohammad Rum.

Acara ini diharapkan menjadi langkah nyata dalam membuka peluang kerja bagi warga Kota Bima dan menciptakan iklim investasi yang kondusif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.(RED)

 

Posting Komentar

0 Komentar