Ini Klarifikasi Pihak Kampus Terkait Kericukahan yang Terjadi di Kampus UMB Bima

Ini Klarifikasi Pihak Kampus Terkait Kericukahan yang Terjadi di Kampus UMB Bima


Kota Bima, Beritabima.com -Usai beredar video kericuhan yang terjadi di kampus UMB Bima dan sempat viral di jagad maya antara pihak kampus dan sekelompok mahasiswa setempat, pada rabu 17 januari 2024 pihak kampus UMB Bima langsung meakukan klarifikasi.

Diwakili  Wakil Rekor1 UMB  menjelaskan, ketika suasana Ujian Akhir Semester (UAS) berlangsung sekitar pukul.10.00 Wita tiba-tiba datang beberapa orang yang dikomandai BS, Dkk dengan membawa senjata tajam sambil berteriak (berorasi) menggunakan megaphone, menghasut dan menyerang keamanan dan ketertiban kampus UM Bima yang sedang melaksanakan Ujian Akhir Semeseter (UAS).

Menyikapi situasi demikian, pihak kampus telah berusaha memanggil, mengajak dialog serta memberikan peringatan agar BS, Dkk menghentikan tindakan yang mengganggu suasana Ujian Akhir Semester (UAS) akan tetapi tidak dihiraukan,  bahkan BS Dkk menunjukan sikap perlawanan dan provokatif yang berpotensi memicu konflik atau perlawanan dari kalangan mahasiswa lainnya yang merasa terganggu saat mengikuti Ujian Akhir Semster (UAS).

Kelompok mahasiswa yang dikoordinir BM, secara sengaja membuat keributan karena tercacat masih memiliki tunggakan SPP dan panitia juga menemukan adanya dugaan pemalsuan Kartu UAS yang dilakukan kelompok mereka sehingga dikeluarkan dari ruangan ujian sebagai bentuk tindakan disiplin kampus.

Kemudian dijelaskan Syamsuddin, pihak kampus mengidentifikasi adanya kelompok tertentu diluar kampus UM Bima yang sengaja membuat skenario agar suasana kenyamanan dan keamanan di lingkungan UM Bima terganggu.

"Selama ini pihak kampus UM Bima berupaya keras dan sungguh-sungguh menciptakan ekosistem kampus yang jujur, ramah dan humanis sehingga tidak akan membiarkan segala niat, upaya dan tindakan yang sengaja menghambat atau menggangu kondusifitas suasana belajar mengajar dilingkungan kampus UM Bima,"ungkapnya.

Ditambahkan Wakil Rektor1, informasi sekelompok mahasiswa ini melapor ke Polres Bima Kota, pada prinsipnya siap dan kooperatif dan tunduk serta patuh pada proses.

Pun untuk diketahui, katanya, karena masalah ini terjadi di wilayah kampus, tentu akan menerima untuk diselesaikan di internal kampus.

"Kami siap untuk dibicarakan baik-baik jika itu menjadi solusi terbaik,"tutupnya.(RED)


Posting Komentar

0 Komentar