Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Hindari Bahaya Boraks, Formalin dan Rhodamin, Badan POM NTB Gelar Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa/Kelurahan di Aula Pemkot Bima

3/06/24 | 3/06/2024 WIB Last Updated 2024-03-27T12:09:23Z

Kota Bima, Beritabima.com - Upaya menghindari bahaya Boraks, formalin dan lainnya, Badan POM NTB gelar pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa/ Kelurahan di Aula Pemkot Bima. giat yang diikuti Kelurahan Lewirato, Kelurahan Manggemaci dan Kelurahan Dara, dimulai dari 5 maret hingga 6 maret 2024.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri pihak BPOM Mataram, PJ Wali Kota Bima yang diwakili asisten II M Saleh, Kepala Bapeda Kota Bima yang diwakili Sekretaris Bapeda Arif Roesman Efendi, Kepala Dikes Kota Bima yang diwakili, Lurah Dara Nur Komala bersama 24 peserta, Lurah Lewirato A. Munir Hariadin bersama 24 peserta dan Lurah Manggemaci Hidayat juga bersama 24 peserta serta sejumlah peserta dari beberapa pihak lainnya.  

Pada giat itu, pihak BBPOM yang menjadi narasumber diantaranya Dra Winartutik, Mardiani, Ni Wayan Trisnayanti, Prabawati dan Ahmad Hidayatullah. Dari semua narasumber yang sudah menyampaikan sejumlah materi diantaranya terkait bahaya kandungan pangan yang mengandung boraks, formalin dan rhodamin. 

Kemudian para kader yang mendapat ilmu   terkait bahaya boraks yang dapat mengganggu kesehatan pelanggan maupun masyarakat, para kader aman pangan juga diberi kesempatan untu mempresentaikan didepan kader lai guna melatih sosialisasikan pada masyarakat diwilayah masing - masing. Sementara para pemateri juga memberikan edukasi sekaligus uji lab dengan menguji sejumlah sampel dengan  rapid tes kit boraks lalu menguji sejumlah sampel makanan yang dibawa oleh kader aman pangan dari Kelurahan yang ikut dalam pelatihan tersebut. 

Salah satu kader aman pangan wan yang ikut serta dalam pelatihan tersebut pun mengungkapkan kegiatan tersebut sangat luar biasa positifnya dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,selain para kader dapat ilmu juga dapat membantu menghindari bahaya bahan dari boraks atau formalin yang terdapat pada makanan, manfaatnya sangat luarbiasa, " Terang wan rabu 6 maret 2024.(RED

close