Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Diduga Selundupkan Ribuan Liter Minyak Tanah Bersubsidi, Kapten dan ABK Diamankan Tim Puma II

8/12/22 | 8/12/2022 WIB Last Updated 2022-08-12T02:38:06Z
Tim Puma II Pokres Bima Kota bersama sejumlah terduga pelaku dan ribuan liter BB minyak tanah. 

Bima, Beritabima.com - Tim Puma II Polres Bima Kota yang dipimpin AIPTU Hero SUHARJO berhasil mengamankan Kapten Kapal, ABK dan ribuan liter minyak tanah bersubsidi di pelabuhan laut Bima, Kamis (11/8/22) sekitar pukul 20.00 Wita. 

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, S.I.K melalui Kasat Reskrim IPTU M. Rayendra, RAP, S.T.K, S.I.K mengungkapkan, ribuan liter minyak tanah yang diduga hasil selundupan tersebut berhasil diamankan tim Puma II Polres Bima Kota berawal dari informasi dari masyarakat yang dimuat dengan Kapal KM Meliku Nusa. 

Kronologisnya, Jelas Kasat Reskrim, Pada hari kamis kemarin, Tim Puma II sedang melakukan patroli di jalan martadinata Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasana'e Barat, Dalam pelaksanaan patroli, Tim mendapat informasi bahwa adanya minyak tanah subsidi yang diselundupkan dari Maumere NTT yang dimuat oleh kapal KM.Meliku Nusa yang sedang bersandar di pelabuhan laut bima. 

"Informasinya, Kemasan menggunakan dos, dimana didalam dos tersebut berisikan minyak tanah menggunakan botol air mineral berukuran 1,5 liter dan akan diambil/dikeluarkan dari dalam area pelabuhan laut bima secara bertahap menggunakan sepeda motor agar tidak menimbulkan kecurigaan dan atau guna mengelabui petugas," Ungkapnya.

Berdasarkan informasi tersebut, Tim Punya II langsung merespon dan melakukan penyelidikan, tak berselang lama TIM mendapati pengendara sepeda motor yang membawa sebuah dos berisikan minyak tanah.

"Saat dilakukan pengecekan pada kapal dimaksud,hasil pengecekan didalam kapal didapati tumpukan dus berisikan minyak tanah yang sudah dikemas menggunakan botol air mineral ukuran 1,5liter dan kemasan jirigen ukuran 5 liter serta jrigen ukuran 25liter,barang tersebut diakuai bahwa itu milik 3 orang ABK kapal diantaranya, MHA (34) sebagai Kapten Kapal asal Mariso Kota Makasar Sulawesi Selatan, YA (39) sebagai ABK Kapal, warga Desa Wuring Kecamatan Alok Barat Kecamatan Sikka, YSR (28) sebagai ABK Kapal, warga Desa Kajowair Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka dan TPE (28)  yang jiga merupakan ABK kapal warga Desa Wala Walaya Kecamatan Talo Kota Makasar. ketiganya diamankan dengan sejumlah barang bukti 1.500botol minyak tanah ukuran 1,5liter/botol, bebernya. 

Selanjutnya, Tim Puma II mengamankan Kapten Kapal dan tiga orang ABK Kapal beserta Barang Bukti ke Mako Polres Bima Kota dan menyerahkan kepada Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Bima Kota guna pemeriksaan lebih lanjutlanjut (RED


close