RSUD Bima Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian "SAMAKAI"

RSUD Bima Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian "SAMAKAI"

Bima, Beritabima.com - Jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima Kamis (13/7)  menggelar kegiatan Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian SAMAKAI yang ditandai penandatanganan Berita Acara Publikasi/Launching dan dilanjutkan dengan Pemotongan Pita.

Ini merupakan sebuah nilai dasar pelayanan dan merupakan singkatan dari pedoman pelayanan 4S rumah sakit (senyum, salam, sapa, sabar), Adil, Manusiawi, Adaptif, Kebersamaan dan Kesatuan, Andal, serta Ikhlas (SAMAKAI).

Demikian ungkap Direktur  RSUD Bima drg. H. Ihsan, MPH saat peluncuran inovasi tersebut.

Dijelaskan Ihsan, pelayanan kerohanian merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio-psyco-socio-spiritual pasien secara komprehensif. Pentingnya bimbingan spiritual dalam kesehatan telah menjadi ketetapan WHO yang menyatakan aspek agama (spiritual) sebagai salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya.

Dijelaskannya,  RSUD Bima  berinisiatif mengembangkan pelayanan kerohanian dalam bentuk pendampingan keagamaan kepads pasien atau keluarga pasien selama dalam proses perawatan di rumah sakit. Upaya ini ditujukan untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang beragam dengan tetap menghormati nilai-nilai, keyakinan, serta budaya yang berlaku di sekitarnya. 

Langkah ini juga merupakan langkah konkrit RS untuk membantu pasien dalam proses penyembuhannya dengan mengedepankan kesetaraan pelayanan. Imbuh Ihsan.

Momen launching SAMAKAI juga dimanfaatkan untuk memaparkan profil RS, jenis dan standar pelayanan  di RSUD Bima serta pemaparan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan Prima dapat tercapai. 

RSUD Bima mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam mengevaluasi pelaksanaan pelayanan dan memberikan masukan bagi peningkatan pelayanan yang ada di Rumah Sakit.  Jelas Ihsan dihadapan pejabat Kemenag Kabupaten dan Kota Bima Kadis Kesehatan  Kota Bima, Camat dan Lurah, s para rohaniawan yang telah ditunjuk sebagai mitra dalam Pelayanan Kerohanian RSUD Bima.(RED)

Posting Komentar

0 Komentar