Terkait Festival Rimpu tahun 2024, Pj. Wali Kota Bima Kembali Pimpin Rakor Pemantapan

Terkait Festival Rimpu tahun 2024, Pj. Wali Kota Bima Kembali Pimpin Rakor Pemantapan

 

PJ Wali Kota Bima HM Rum

Kota Bima, Beritabima.com - Dalam rangka mempertahankan warisan budaya ditengah perkembangan zaman yang semakin modern, Pemerintah Kota Bima kembali menggelar Festival Rimpu Mantika tahun 2024.

Festival Rimpu Mantika dilaksanakan berdasarkan surat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreativ Republik Indonesia Nomor: B/SD/18/PP.03.00/D.6/2024 Perihal Penyampaian 110 Karisma Event Nusantara (KEN).

Karisma Event Nusantara (KEN) bertujuan agar budaya rimpu selalu terjaga serta meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap rimpu sebagai life style baru juga meningkatkan semangat berwisata dan bangga terhadap produk Lokal.

Untuk memantapkan segala persiapan, Pj. Wali Kota Bima H. Mohammad Rum, MT kembali Pimpin Rapat Koordinasi pelaksanaan Festival Rimpu yang akan digelar pada 25-27 April 2024 mendatang yang bertempat di Aula Kantor Wali Kota, Rabu, 21 Februari 2024.

Pj Wali Kota Bima dalam hal ini menyampaikan bahwa ini Festival Rimpu Mantika merupakan Event Nasional yang harus di persiapkan semaksimal mungkin, mengingat banyaknya Wisatawan dan Investor yang akan hadir.

“Saya ingin ada kesan baik untuk tamu-tamu dari luar Kota bima, ini merupakan Event yang berlanjutan karena ini warisan budaya, kita wajib memperkenalkan budaya rimpu kepada generasi muda”. Ucapnya

Selain itu, beliau menegaskan kepada seluruh stakeholder terkait agar melakukan simulasi penanganan parkir, Penanganan lalu lintas, Penerangan jalan dan kebersihan lingkungan sebelum Event dilaksanakan.

“Kita ingin pada Event ini memberikan kenyamanan dan manfaat kepada Masyarakat juga meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Bima, selain itu Saya juga ingin nantinya UMKM yang ada di festival rimpu telah menggunakan Qris sebagai alat transaksi pembayaran”. Ucapnya

Diakhir, beliau berharap agar Pemerintah dan Masyarakat terlibat dalam memeriahkan Festival Rimpu Mantika yang digelar sekali dalam satu tahun tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima dalam laporannya menyampaikan bahwa Pada tahun 2024 Kota Bima mendapat anugrah bisa lolos event tingkat nasional. 

Beliau menjelaskan bahwa Adapun lokasi start  Pelaksanaan Festival Rimpu Tahun 2024 yaitu di Eks Kantor Bupati Lama dan  lokasi finish nya dipusatkan di Lapangan Serasuba. 

Dalam Rakor tersebut Pj. Wali Kota didampingi oleh  Sekretaris Daerah Kota Bima, Kadis Pariwisata, Ketua Dekranasda Kota Bima, Kapolres Bima Kota, serta turut dihadiri oleh Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kota Bima.(RED)

 


Posting Komentar

0 Komentar