PJ Wali Kota HM. Rum Sukses Tekan Laju Inflasi

PJ Wali Kota HM. Rum Sukses Tekan Laju Inflasi

 

PJ Wali Kota Bima HM Rum

Kota Bima, Beritabima.com - 2 November 2023, Baru 1 bulan menjabat sebagai pemimpin Kota Bima, H. Mohammad Rum berhasil mengambil langkah-langkah tegas untuk mengendalikan laju inflasi di daerah ini. Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai inflasi di bulan Oktober, perbandingan kenaikan dan penurunan harga komoditas, serta data inflasi bulan November.

Terlihat pada Bulan Oktober 2023, Kota Bima mengalami deflasi sebesar 0.11 persen atau terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 115.48 poin pada Bulan September 2023 menjadi 115.35 poin pada Bulan Oktober 2023.

Laju inflasi tahun kalender (Oktober 2023 terhadap Januari 2023) sebesar 1.82 persen dan laju inflasi ’tahun ke tahun’ (Oktober 2023 terhadap Oktober 2022) sebesar 2.34 persen.

Deflasi pada Bulan Oktober 2023 sebesar 0,11 persen terjadi karena turunnya IHK di Kota Bima yang ditunjukkan dengan turunnya harga pada kelompok komoditas dengan andil besar yaitu Kelompok Komoditas Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 0,56 persen. Hal ini membuktikan bahwa Kota Bima telah meraih pencapaian luar biasa dalam mengendalikan inflasi.

Baca juga

Ir. H. Mohammad Rum, MT, Penuhi Undangan Media Tempo dalam Program Teras Negeri

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum hadiri Rakor Program Sinergitas Penanggulangan Terorisme

Mulai tanggal 6 Oktober 2023 hingga 31 Desember 2023, Pemerintah Kota Bima melaksanakan program stabilisasi harga di setiap kelurahan. Dalam rangka stabilisasi harga ini, setiap minggunya dilakukan dua kali operasi pasar murah pada komoditas-komoditas utama yang menjadi penyumbang inflasi, seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, dan gula.

Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Kota Bima di bawah koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin oleh Pj. Wali Kota, HM. Rum telah membuahkan hasil yang signifikan. Hal ini membantu mengontrol kenaikan harga komoditas, sehingga masyarakat Kota Bima dapat merasakan manfaatnya melalui stabilisasi harga.

"Kami berkomitmen untuk terus berupaya mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas penting bagi masyarakat kami. Program stabilisasi harga ini adalah langkah konkret dalam mendukung kesejahteraan warga Kota Bima." Jelasnya. 

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Kota Bima dapat berbangga atas prestasinya dalam mengurangi dampak inflasi dan melindungi kepentingan masyarakatnya. 

"Keberhasilan ini adalah bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mewujudkan ekonomi yang lebih stabil di Kota Bima., " Terangnya.(RED

Posting Komentar

0 Komentar